Kamis, 19 Mei 2011

Rasanya-lebih-parah-dari-patah-hati

ketika elo gagal dan terjatuh, semua orang akan bilang..

"Lo jatuh untuk bangkit lagi"

atau

"Masih ada kesempatan lain, jangan nyerah.."

ada juga yang

"Tuhan punya rencana indah di balik kegagalan lo hari ini"

itu semua bener, enggak ada satupun yang salah dan yang patut di persalahkan. tapi enggak salah juga kan, kalau sekali aja, lo ngerasa kcewa dan elo enggak ngerti gimana cara untuk ngikhlasin itu semua..

sepanjang hidup gue, gue bukanlah orang yang ambisius dan selalu ingin jadi yang terbaik. gue selalu mensyukuri semua yang gue dapetin, apapun itu sepahit-pahitnya. gue enggak pernah berharap banyak, gue ngejalanin hidup apa adanya..

dan banyak hal indah dalam hidup gue yang terjadi tanpa pernah gue harapkan dengan tinggi sebelumnya. gue enggak pernah berharap lulus dengan nilai baik dari SMA, toh gue tahu setahun gue di kelas dua belas semangat belajar gue menurun drastis, tapi nilai kelulusan gue ternyata cukup bisa dibanggakan meski enggak terlalu bagus.

waktu nyokap nyaranin gue untuk ikut pmdk sanata dharma, gue enggak berharap apa-apa, tapi nyatanya gue dapet pmdk itu di jurusan yang gue mau dari dulu, psikologi.

sama juga dengan hal-hal lainnya, gue enggak pernah ngotot untuk dapet nilai bagus di sekolah, bagi gue selama enggak perlu remidial gue udah cukup puas. gue juga enggak peduli kalau ada guru yang jadiin gue, anggeplah murid fave-nya, toh gue enggak pernah minta itu. enggak pernah ngira juga kalau ternyata gue bisa dapat rangking yang cukup membanggakan selama dua tahun berturut-turut. Tapi gue enggak pernah berharap semua hal itu..

sementara hal-hal yang selalu gue harapkan, malah enggak pernah terwujud..

waktu sd, gue pingin banget bisa masuk SMP 49, tapi kenyataannya nilai gue kurang dan gue masuk ke SMP gue dulu 128, sama-sama unggulan, dan pada akhirnya gue nemuin sahabat di sana.

berlanjut ketika gue lulus SMP dan berniat masuk SMA, nilai gue enggak terlalu tinggi waktu itu, dan SMA fave gue lewat begitu aja. tapi gue masih berusaha untuk nerima, dan ternyata semua baik-baik aja sampai akhirnya gue lulus kemarin..

tapi yang ini, mungkin ini lebai, tapi kaya yang ditulis di atas, rasanya lebih parah dari patah hati. nyeseknya, kecewanya, sakitnya, nyeselnya...gue mungkin cuma orang yang kurang bersyukur dengan apa yang udah gue dapetin sampai hari ini, tapi kegagalan gue dalam snmptn undangan itu..adalah kegagalan yang bikin gue ngerasa sakit lebih dari apapun.

gue masih selalu nangis sampai hari ini, padahal saat gue nulis ini udah berselang dua hari dari pengumuman itu, gue yang selama ini selalu berhasil untuk ngontrol emosi gue, jebol gitu aja semuanya. gue nangis berkali-kali, saat sendirian ataupun di depan sahabat gue. bahkan saat gue ngetik inipun mata gue masih berkaca-kaca. haha, menyedihkan ya gue ?

jujurnya gue sendiri enggak suka lihat gue kaya gini. kaya yang tadi pagi putri -temen-sebangku-gue- bilang, "semangat dong nin, biasanya kan elo yang paling semangat, biasanya elo yang ngasih semangat ke gue"

dan mata gue malah berkaca-kaca, gue tahu, ada seratus lima puluh ribu lebih siswa/i lain di luar sana yang sama kecewanya kaya gue, dan gue sendiri enggak tahu gimana cara nyembuhin perasaan ini. gue enggak mau ngedown, tapi memang gue udah down.

semua orang bener, banyak jalan lain menuju roma. snmptn undangan bukan satu-satunya pintu untuk gue bisa masuk ke PTN. tapi enggak pernah ada yang semudah kata-kata kan.

gue berusaha untuk enggak nulis pake emosi, karena suatu hari nanti gue pasti akan malu banget liat postingan ini dan menyadari betapa labil-nya gue.

beberapa jam  yang lalu gue mutusin untuk mulai buka-buka soal, seenggaknya gue berusaha berdamai sama keadaan gue, berusaha ikhlas walaupun belum bisa. gue sadar, gue enggak sepintar itu untuk mengharapkan undangan itu jatuh ke gue dengan cuma-cuma. gue tahu mental gue yang lemah untuk nerima semua ini..

ini blog gue, gue cuma cerita apa yang gue rasain hari ini..

-cheers-

6 komentar:

  1. SEMANGAT NIIIIIIIIIIIIIN GO ANIN GO ANIN GO!!!!!

    BalasHapus
  2. Kayaknya kita bisa dibilang senasib nin.
    Aku juga baru dapet hasil yang sangat amat kurang memuaskan. Sedih, pasti iya. kecewa, iya juga. Ada perasaan ngecewain orang tua, pastinya. Cuma ya, mau gimana lagi, itu yang udah kita capai. Kita harus move on, apalagi masih ada opsi ke-2 untuk memperbaiki kegagalan kita. Kita harus bener2 berjuang di opsi kedua itu, jangan sampe membuat kesalahan yang kedua.

    Semangat Anin!!! Semangat juga saya!!! Semangat buat kita semua!!!!
    I know, we can do it!!!

    BalasHapus
  3. tenang kak. labil emang -,- kalo lagi berasa ngedown bawaannya emosi ya? etapi, disaat down itu, itulah yang sebenernya ujian kita bisa jalanin atau engga. ujian sebenernya yang nggak kita sadari sebenernya.

    so, if you want, you can :)

    BalasHapus
  4. yahh..
    Jangan nangis dong!! Semangat...!! meskipun jujur postingan ka anin aku bgt..!
    baru x ini nilaiku drop.. Mengecewakan..
    rangking 1 ku slama di kls X dan XI hrs hlng di kls XII..
    Dan yg lbh mNyedihkan bhkan aku tak di beri ksmpatan untuk tahu apa itu smptn krna keadaanku dlm urusan biaya sngat tdk memungkinkan...

    Ka anin semangat ya...!

    BalasHapus
  5. makasih ya semuanyaaaaaa..
    aku udah enggak apa-apa kok, udah bisa berpikir lebih positif sekarang :))
    dan aku bener-bener cuma bisa bilang makasih untuk semua semangat yang kalian kasih saat aku ngedown gini..ini berarti besar banget buat aku :)))

    BalasHapus
  6. sedih ih baaaar T-T
    huhu jangan sedih lagi ya, smg snmptn tulis lo nasibnya lbh baik dr snmptn undangan lo amiin:)

    BalasHapus