Rabu, 29 Juni 2011

semangaaaaaat !!!!

satu jam yang lalu, hasil snmptn baru aja diumumin, dan gue enggak lolos lagi.
walaupun kecewa tapi bisa gue bilang gue enggak selabil saat gagal undangan kemarin. yang sempet mampir ke blog gue sebelumnya, pasti baca postingan di bawah ini, dimana gue nulis penuh emosi karena gagal di snmptn undangan..
dan ternyata gagal disana ngasih gue pelajaran berharga, karena hari ini ketika gue harus gagal lagi, gue bisa nerima dengan lapang dada, mental gue jauh lebih siap, dan gue nggak nangis haha

gue pingin berbagi sedikit, apa yang mau gue tulis ini, bukan sesuatu yang bersifat menggurui atau apapun, gue cuma mau bilang, gue tahu rasanya gagal saat gue ada di puncak, dan gue cuma pingin berbagi sedikit gimana gue bisa menghadapi ini..

terimakasih super besar, untuk sebuah drama korea berjudul "DREAM HIGH" mungkin sebagian orang udah pernah nonton, dan yang buat belum nonton mau gue bahas dikit ya..karena drama ini ngasih banyak hal buat gue, pelajaran berharga yang bikin gue tetap bisa berdiri tegak ketika kata gagal mampir lagi dalam hidup gue


cerita ini tentang seorang siswi perempuan bernama Hye mi, dia cantik, kaya, suaranya bagus, hidupnya sempurna, tapi karena kesempurnaan itu, dia jadi orang yang tinggi hati dan terlalu percaya diri sama apa yang dia punya. sampai pada suatu hari dia ikut tes untuk masuk sekolah seni bareng sama sahabatnya, yang dia nilai kualitasnya jauh di bawah dia. ketika audisi, suara dan penampilannya memang jauh lebih bagus dari sahabatnya yang selalu dia sebut 'si ranking 3' tapi apa yang terjadi selanjutnya ? dialah yang gagal, sementara sahabatnya, bisa ngalahin dia untuk pertama kalinya. dengan penuh emosi dia mati-matian berusaha menggugat keputusan juri, karena dia merasa dia lebih berhak dari sahabatnya..
singkat cerita, ternyata diam-diam, pemilik sekolahnya ngasih dia semacem kesempatan untuk bisa masuk ke sekolah itu, tapi dia yang hebat harus masuk ke kelas rendah yang dianggap enggak punya kemampuan dan enggak punya kesempatan untuk melakukan debut. tapi pada saat itulah, dia belajar, belajar untuk menerima keadaannya, belajar untuk mengerti, belajar untuk berjuang, dan belajar kalau kita harus menemukan kata kegagalan terlebih dahulu sebelum kata kesuksesan..

gue suka banget sama soundtrack-nya, apalagi setelah gue ngerti artinya dalam bahasa inggris, dan ini ost-dream high translate inggrisnya :


I dream High I have a Dream                                                                       
When it gets hard I close my eyes                                                               
while replaying the moment                                                                       
my dream come true I get up
I shake in the face of fear today as well
Like a young bird who’s afraid to fly in fear of falling down
I keep asking whether I can do this
whether my dreams can come true
Whenever I make a step by step
the fear comes back
I dream High I have a Dream 
                                                                                  
When it gets hard I close my eyes                                                                                                   
while replaying the moment                                                                                       
my dream come true I get up
I can fly high I believe
That one day into that sky
that I will spread my wings
and fly up higher than anyone before
I need courage
to help me get up
the courage which would make me jump again
after brushing the dust off
Believing in myself and
in my destiny once again
Risking everything I will jump over the wall
higher than myself

I dream High  I have a Dream   
                                                                                
When it gets hard I close my eyes                                                                                                   
while replaying the moment                                                                                       
my dream come true I get up
I can fly high I believe
That one day into that sky
that I will spread my wings
and fly up higher than anyone before

Dream high a chance to fly highfrom now to all the pain bye byetry and fly as high
as those stars in the sky
watch your dreams to unfold for you to shineit’s the start gotta make them mine
don’t be afraid of building your own future
walk on confidently with all your might
destiny is your fate unstoppable destiny
now it’s spreading in front of us
this is a whole new fantasy for you
so just take my hand
our goal now is the same
don’t give up on your dreams and future
everyone with a youthful passion dream high

I dream High I have a Dream                                                                                   
When it gets hard I close my eyes                                                                                                   
while replaying the moment                                                                                       
my dream come true I get up
I can fly high I believe
That one day into that sky
that I will spread my wings
and fly up higher than anyone before


dan, walaupun beda, tapi gue bisa menemukan sosok Hye mi dalam diri gue. mungkin setelah baca tulisan yang mau gue tulis ini, kalian akan merasa gue sombong, tapi ada maksud lain yang benar-benar ingin gue curahin dari ini semua..

bisa dibilang gue termasuk anak berprestasi, gue memang seorang siswi di jurusan IPS yang menurut kebanyakan orang enggak sekeren IPA. tapi gue mencintai pelajaran IPS lebih dari apapun, hapalan buat gue kaya hitungan buat anak IPA, surga. di kelas sebelas, gue berhasil meraih peringkat satu baik itu di semester ganjil ataupun genap, malah ketika ulangan semesteran gue pernah sapu bersih alias nggak remidial sama sekali. nilai-nilai gue enggak pernah mengecewakan, dan gue enggak pernah bikin masalah sama guru satupun. bisa di bilang gue termasuk jajaran anak cupu di sekolah, dan dari nilai-nilai itulah gue merasa 'ada' . naik kelas tiga, semangat gue agak kendur sedikit, di semester ganjil gue cuma bisa dapet ranking 2, tapi ketika lulus kemarin gue balik jadi juara satu di kelas.

dan itu  bikin semua orang yakin kalau gue bisa sukses juga di perguruan tinggi. gue masih ingat dengan jelas, kalau diam-diam gue yakin gue bisa nembus undangan dengan nilai yang gue punya, tapi kenyataannya ? gue GAGAL. dan disaat itulah gue jatuh. rasa percaya diri gue lenyap, gue enggak terima sama keadaan. gue cukup pintar tapi kenapa gue enggak bisa ?!! rasanya sakit bukan main, ketika gue terhempas dikenyataan bahwa gue enggak sepintar apa yang orang yakini, apa yang gue yakini.

dan hari ini, gue ternyata gagal lagi di tertulis. tapi rasanya beda, kegagalan yang kedua, gue merasa lebih bijak untuk menghadapinya. dan pada akhirnya, gue sampai di satu keputusan, kalau gue melepas cita-cita gue untuk jadi seorang mahasiswi di PTN, gue enggak ikut satu ujian mandiri pun, dan gue lebih milih untuk daftar PTS.

bukan karena gue menyerah, justru karena gue punya cita-cita. kaya Hye mi, dari peringkat satu yang serba bisa dia harus kalah dan dianggap tidak mampu, tapi dia terus berjuang walaupun bukan dari kelas unggulan, dan akhirnya dia sukses.

gue mau jadi PSIKOLOG dan gue harus jadi PSIKOLOG ! jadi enggak peduli jalan gue kesana itu dari tempat yang unggulan atau enggak, semua akan balik lagi ke gue. gue akan buktiin, walaupun gue bukan mahasiswi dari PTN gue enggak kalah sukses dari mereka yang dari PTN. ketimbang pingin jadi bagian dari sebuah PTN gue lebih pingin menyandang gelar PSIKOLOG di nama gue nantinya.

seenggaknya, gue pernah ngebuktiin satu hal, kalau gue enggak bego. mungkin gue cuma kurang beruntung, mungkin juga banyak yang lebih pinter dari gue. tapi gue pernah ada di satu titik dimana gue jadi si pintar, dan kalaupun sekarang itu bukan bagian dari diri gue lagi, ya udah, hidup berjalan, dan ini saatnya gue berjuang, cerita baru dimulai, dan gue akan berusaha untuk ngebuktiin itu suatu hari nanti, kalau apa yang gue pilih bukan sebuah kesalahan..

gue cuma mau minta maaf. untuk Bu Sugi wali kelas gue dan Putri Marliana teman sebangku gue. sama dua orang ini gue enggak berani ngaku kalau gue nggak ikut mandiri karena sama dua orang ini gue begitu takut ngecewain mereka.

"maaf ya bu, saya gagal di negeri, terimakasih untuk semua kepercayaan yang ibu kasih buat saya, untuk segala dukungan, saya akan buktiin meski bukan di negeri saya tetap akan sukses bu, saya janji.."

"put, maafin gue ya, gue enggak nyerah. gue tetep semangat, gue enggak berubah, gue minta maaf karena gue terkesan munafik, gue masih inget dimana dulu gue selalu menggebu-gebu saat kita ngomongin tentang masa depan, jaket kuning, psikologi, mahasiswi, gue beneran minta maaf, lo hebat bisa wujudin harapan lo, gue emang gagal hari ini, tapi gue tetep akan sukses suatu hari nanti..tetep percaya sama mimpi-mimpi kita ya, gue cuma merubah dikit kok, PTN jadi PTS, nggak banyak kan ? haha..semangat ya put, kita tetap bakalan sama-sama sukses nantinya"

dan untuk semua yang hari ini juga gagal, rasanya memang sakit. gue tahu banget. tapi kaya yang lirik lagu diatas bilang, kita bermimpi, dan apapun yang terjadi kita harus tetap bisa meraih mimpi itu, bagaimanapun caranya, selalu ada jalan untuk yang bermimpi dan ingin mewujudkannya..

ps : Thomas Alfa Edison gagal beribu-ribu kali ketika ingin menciptakan lampu, jadi jatuh dua kali bukan alasan untuk terus larut dalam rasa sedih.

TETAP SEMANGAAAAAAT !!!!

ahyaa..dan selamat buat yang lolos, kalian hebat !

-anin-

5 komentar:

  1. jangan nyerah kak, ada waktu buat merubah. perjalanan masih panjang :D

    BalasHapus
  2. "gue mau jadi PSIKOLOG dan gue harus jadi PSIKOLOG ! jadi enggak peduli jalan gue kesana itu dari tempat yang unggulan atau enggak, semua akan balik lagi ke gue. gue akan buktiin, walaupun gue bukan mahasiswi dari PTN gue enggak kalah sukses dari mereka yang dari PTN. ketimbang pingin jadi bagian dari sebuah PTN gue lebih pingin menyandang gelar PSIKOLOG di nama gue nantinya."

    Itu, kata" yg Kk pegang kemaren ketika kk juga gagal di PTN ..
    'Gagal' itu tidak akan terus menerus datang ko' dek, aka ada hari dimana kita menyadang kata 'Sukses'
    dan 'Sukses' itu juga jg tidak akan sll ada di kita, akan datang dimana 'Gagal' akan kita rasakan ...

    Keep Fighting !!!

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Nin gue nangis loh bacanya hehehhe, gue jadi inget pas pengumuman kmrn
    I know how it feels, I really do ;)
    Tetep semangat ya aninkuuuuh :*

    BalasHapus
  5. Masih banyak jalan menuju roma kaaak semangat :-)

    BalasHapus